KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kami memuji - Nya, memohon ampunan -
Nya, dan berlindung kepada - Nya dari kejahatan dan kejelekan amal perbuatan
kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk maka tidak ada yang dapat
menyesatkan, sebaliknya barangsiapa yang Allah sesatkan pasti tidak ada yang
dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak
disembah dengan benar kecuali Allah SWT dan aku bersaksi bahwasanya Nabi
Muhammad SAW adalah Rasul - Nya. Amma ba’du.
Al-Ghazali
rahimakumullah dalam bukunya “Ihya’ Ulumuddin“ telah menyebutkan bahwa perlu
diketahui jalan untuk melatih anak - anak termasuk urusan yang paling penting
dan harus mendapat prioritas lebih dari yang lain. Anak merupakan amanat di
tangan kedua orang tua, dan kalbunya yang masih bersih merupakan permata yang
sangat berharga. Jika dibiasakan melakukan kebaikan, niscaya dia tumbuh menjadi
baik dan menjadi orang yang akan bahagia di dunia dan akhirat. Sebaliknya, jika
dibiasakan dengan keburukan serta ditelantarkan seperti hewan ternak, niscaya
dia menjadi orang yang celaka dan binasa. Keadaan fitrahnya akan senantiasa
siap menerima yang baik atau yang buruk dari orang tua dan / atau pendidiknya.
Inilah
sesungguhnya pesan moral Islam kepada setiap orangtua dan para pendidik
berkaitan dengan pendidikan anak sehingga dapat diarahkan pada kebaikan dan
memberi bekal adab dan moralitas supaya terbimbing menjadi anak yang dapat
dibanggakan kelak di hadapan Allah SWT.
Pekalongan, Januari 2016

(
KASEK TPQ )
“AL-AMIN
“
Jl. Dr. Wahidin RW I Kelurahan Noyontaansari

Sekretariat: Jl. Dr. Wahidin
Noyontaan Gg. 1 No. 15 RT. 01 RW. 01 Pekalongan – 51121 Hp. 0858 7621 5552

No : 003/TPQ.D/I/2016 Pekalongan, Januari 2016
Lamp : 1 (satu) bendel
Hal : Permohonan
Bantuan Pembangunan Gedung TPQ
Yth. Gubernur Jawa Tengah
Cq. Kabag. Kesra Provinsi Jawa Tengah
di
tempat
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Teriring salam
dan Do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT Amin.
Sehubungan dengan kebutuhan sarana
belajar yang memadai bagi Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Amin yang sangat
mendesak dan demi kelancaran dan suksesnya proses belajar mengajar serta
peningkatan mutu pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Amin, maka kami
berupaya untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan di TPQ kami.
Terkait dengan hal tersebut, kami
berniat membangun gedung TPQ di lantai 2 Musholla Al Amin, maka dengan hormat kami
mengajukan permohonan kepada Bapak agar berkenan memberikan bantuan secara langsung
atau melalui nomer rekening Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pekalongan,
7095350903 an. Yayasan Musholla Al Amin Noyontaan untuk pembangunan gedung TPQ
Al Amin yang akan kami laksanakan dengan rencana anggaran sebesar Rp. 168.481.000,-
(Seratus Enam Puluh Delapan Juta Empat Ratus Delapan Puluh Satu Ribu Rupiah) terlampir.
Demikian permohonan kami buat,
besar harapan kami atas terkabulnya permohonan ini dan atas perkenannya
disampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.
Ketua Sekretaris
Imam Setiawan Rizki
Laelia Ulfa
Mengetahui
Pembina Yayasan Musholla Al Amin
Kyai Ahmad Tamprin
Camat Pekalongan
Timur Lurah
Noyontaansari


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Anak
merupakan amanah Allah SWT yang harus dijaga dan dididik dengan baik. Allah SWT
menanamkan fitrah suci kepada anak sehingga dengan fitrah tersebut dia dapat
menjadi permata yang sangat berharga. Namun Allah SWT juga telah membekalinya
dengan rasa, potensi diri dan panca indera juga, sehingga kitalah yang
bertanggung jawab untuk mengembangkan segala rasa dan potensi diri tersebut.
Pada
dasarnya penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab masyarakat dan
pemerintah. Pendidikan sudah menjadi kebutuhan masa depan masyarakat dan
bangsa. Fakta akhir - akhir ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan dekadensi
moral di setiap lapisan masyarakat. Akibatnya anak yang memerlukan pengasuhan
serta bantuan besar untuk menatap masa depan menjadi terabaikan.
Seharusnya
kemajuan sains dan teknologi yang diharap dapat membawa keberkahan justru
memberi efek negatif yang sulit dikendalikan. Anak yang tidak tersentuh
pengasuhan yang benar akhirnya terseret kepada gaya hidup hedonis –
materialistik yang dikampanyekan melalui piranti - piranti keras dan lunak yang
berkualitas tinggi. Nilai - nilai religius dan etika yang dianut generasi
sebelumnya perlahan disudutkan untuk akhirnya dilupakan sampai dengan
dihilangkan.
Menyadari
nilai strategis anak yang hidup di bawah garis kemiskinan sebagai masa depan
bangsa ditambah dengan kekhawatiran dampak negatif kemajuan yang ada, pendirian
sebuah sistem pendidikan yang berdasar dua pusaka Rasulullah yaitu Al Quran dan
Al Hadits mutlak diperlukan. Akhirnya sebuah Taman Pendidikan Al Quran atau TPQ
dapat menjadi solusi utama.
Mencetak
dan membina sumber daya anak menjadi berkualitas dari segi keimanan, akhlak,
dan intelektual sejak dini menjadi harapan utama setiap TPQ yang ada terutama
TPQ Al Amin Kelurahan Noyontaansari, Kota Pekalongan. Hal ini sesuai dengan
pencapaian tujuan pembelajaran yaitu membangun generasi ideal di masa depan
yang memiliki kemurnian tauhid, akhlak , kecerdasan dan kemandirian secara
benar.
1.2. Maksud & Tujuan
Tujuan
proposal ini adalah mengkaji kelayakan penyediaan layanan pendidikan berbasis
Islam yang khusus disediakan untuk anak – anak dengan garis kehidupan di level
menengah kebawah. Layanan primadonanya adalah “TPQ Al Amin“ yang sudah meninjau
beberapa aspek utama (Yuridis, Pemasaran, Manajemen, Teknis , Edukasi, dan
Finansial).
Kajian
aspek-aspek tersebut diperlukan karena dari hasil yang diperoleh dapat
dilakukan langkah-langkah tepat para pengendali kebijaksanaan membentuk usaha kerjasama
yang diperlukan. Disamping itu, hasil analisa diatas dapat dijadikan pedoman
dan arahan bagi pengendali kebijaksanaan baik dalam kegiatan operasional maupun
pembiayaan. Secara umum maksud & tujuan TPQ Al Amin adalah :
A. Mewujudkan lembaga
pendidikan Islam yang unggul dan kompetitif hingga dapat melahirkan generasi
muslim & muslimah yang memiliki kemampuan memikul amanah Allah sebagai hamba
dan kholifahnya.
B. Menyelenggarakan lembaga
pendidikan Islam dengan sistem integral yang memadukan aspek intelektual,
mental spiritual, dan life skill sehingga dapat melahirkan generasi muslim
bertaqwa, cerdas, dan mandiri.
C. Mengangkat anak –anak
dengan garis kehidupan di level menengah kebawah agar tetap bisa meneruskan
cita cita dan terhindar dari kedhoifannya.
Secara
khusus TPQ Al Amin mengemban maksud & tujuan sbb :
1. Memberikan wadah pendidikan
yang berbasis Islam, untuk warga setempat.
2. Berusaha meningkatkan dan
memberikan pendidikan kepada anak –anak masyarakat umum yang kurang mampu
khususnya di sekitar TPQ Al AMin sehingga dapat memperoleh pendidikan agama
yang layak.
3.
Meningkatkan
kemampuan membaca, menulis dan mengenal Al Qur’an
4. Hafal kalimat
Toyibah dan atau doa-doa harian serta syahadatain
5. Tertanamnya
keimanan kepada Allah SWT
6. Terbiasa
membaca Al Qur’an dengan lancar dan fasih dengan tajwid yang benar
7. Terbiasa
berlaku sopan dan santun kepada orang lain
8. Menguasi
hafalan surat-surat pendek dan ayat pilihan
9. Mencintai
Al Qur’an sebagai bacaan istimewa, memahami huruf dan kalimat
serta potongan potongan ayat Al Qur’an
10. Mengenal
ibadah
BAB 2
ASPEK YURIDIS
2.1. Pemrakarsa TPQ : Kyai Ahmad Tamprin
Alamat : Jalan Dr. Wahidin Noyontaan Gang 1 No. 15 RT. 01 RW. 01 Kelurahan Noyontaansari,
Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
Hp : 085640455649
2.2. Ketua Panitia Pendirian : Slamet Subandi
Alamat : Jalan Dr. Wahidin Noyontaan Gang 2 No. 33 RT. 02 RW. 01 Kelurahan noyontaansari,
Kecamatan Pekalongan timur, Kota pekalongan
Hp. : 085600332304
2.3. Sekretaris Panitia Pendirian : Imam Setiawan
Alamat : Jalan Dr. Wahidin Noyontaan Gang 1 No. 15 RT. 01 RW. 01 Kelurahan Noyontaansari,
Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
Hp : 085876215552 – 085200079563
2.4. Permodalan : Dalam Proses
2.5. Nomor Perijinan dari
Kementrian
Agama : Kd.11.34/5/PP.00.8/2666/2015
a. Inventarisasi Data
b. Studi Kelayakan
c. Rapat Internal Pemrakarsa
& Ketua Panitia Pendirian TPQ
d. Rapat Internal Panitia
Pendirian TPQ
e. Pra Penyusunan &
Publikasi Proposal
f. Rencana Anggaran Biaya
g. Penyusunan & Publikasi
Proposal
h. Perhitungan Dana Donatur
i. Proses Pendirian TPQ
BAB 3
ASPEK PEMASARAN
3.1. Prospek TPQ
Kebutuhan
pelayanan pendidikan anak berbasis Islam di kota Pekalongan sangat menjanjikan
karena sebagai kota yang berkembang, keberadaan layanan seperti ini semakin
dibutuhkan masyarakat. Layanan pendidikan ini dalam tahun-tahun mendatang
menjadi prospektif karena semakin besar pengaruh negatif budaya asing yang
terjadi di tengah masyarakat yang semakin modern.
3.2. Kebutuhan ( Demand )
Secara
khusus & lengkap kebutuhan TPQ Al Amin meliputi :
1. Tempat, sementara ini masih
memanfaatkan sebagian ruangan Musholla Al Amin
2. Sarana, meliputi :
-
Ruang
Belajar (Minimal 3 Ruang Kelas)
-
Kantor
Sekretariat dan ruang Kepala Sekolah
-
Gudang
3. Pra Sarana, meliputi :
-
Listrik
-
Lampu
-
Kipas
Angin
-
Sapu
-
Tempat
Sampah
-
dll
4. Pra Operasi, meliputi :
-
Paket
Komputer ( Lengkap )
-
Karpet
-
Meja
Pengajar/Guru
-
Lampu
Duduk
-
Telepon
-
Alat
Administrasi ( Lengkap )
-
Lemari
Arsip
-
Jam
dinding
-
Papan
Pengumuman
-
dll
5. Operasi, meliputi :
-
Kursi
& Meja Belajar
-
Alat
- Alat Peraga Tilawati
-
Buku
- Buku pelajaran
-
Buku
- Buku khusus
-
Kertas
Formulir
-
dll
3.3. Promosi
Dalam
menunjang kegiatan operasional, perlu dilakukan promosi tentang keberadaan dan
jasa layanan TPQ yang disediakan, sehingga sangat mendukung peningkatan prospek
layanan pendidikan. Promosi dapat dilakukan dengan tiga pendekatan :
a. Pendekatan informasi dan
edukasi kepada masyarakat
b. Kerjasama dengan TPQ lain
yang belum memiliki pelayanan produk di atas
c. Pendekatan dengan institusi
seperti : Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kota, serta instansi Pemerintah dan
Swasta.
Promosi
ini dapat dilakukan oleh staf yang ditunjuk atau dalam bentuk kerjasama,
sehingga biaya promosi perlu diperhitungkan. Disamping itu, juga dilaksanakan
pelatihan untuk peningkatan kemampuan para staf promosi yang mendukung
operasional TPQ di masa mendatang.
BAB 4
ASPEK MANAJEMEN
4.1. Hubungan Kerja
Hubungan
kerja yang diharapkan antara TPQ Al Amin dengan beberapa Donatur adalah pihak Donatur
menyediakan modal untuk pengembangan dan perawatan Sarana dan Prasarana TPQ.
Bentuk manajemen bersama dapat disiapkan pada tingkat Kepengurusan TPQ dengan
cara pihak Donatur menjadi Dewan Penasehat. Adapun bentuk kerjasama di atas
merupakan bentuk penawaran TPQ, sehingga dapat dilakukan pendekatan dan diskusi
lebih rinci.
4.2. Struktur Organisasi
Struktur
organisasi yang dibentuk merupakan usulan bila Donatur yang akan menjadi Dewan
Penasehat dan TPQ Al Amin mempunyai kesepakatan dalam membangun Lembaga
Pendidikan Islam setingkat TPQ. Struktur organisasi pengurus sebagai berikut :
Lembaga Penyelenggara : Yayasan
Musholla Al Amin Noyontaan
Dewan Penasehat : Pihak Donatur
Pembina : 1.
Bp. K.H. Zainudin Ismail
(Pengasuh
Majelis Ta’lim Musholla Al - Amin)
2.
Bp. Kyai Ahmad Tamprin
(Imam
Rawatib Musholla Al - Amin)
3. Bp. Slamet Subandi
(Ketua
Musholla Al - Amin)
4. Bp. Moelyoredjo
(Ketua
RW. 01 Kelurahan Noyontaan)
5. Bp. H. Sulistiyono
(Tokoh
Masyarakat)
Ketua Umum :
Imam Setiawan
Sekretaris :
Rizki Laelia Ulfa
Bendahara :
Siti Khairiyah
Sie. Pendidikan :
Pengajar/Guru : 1. Setia Budi
2. Siti
Khairiyah
3. Rizki
Laelia Ulfa
4. Khusnul
Khotimah
Sie. Umum : 1. Nur Susanto
2. Tri
Budiarto
3. Fatnur Zen
4. M. Mur Sodiq
4.3. Uraian Tugas
Secara
garis besar Dewan Penasehat dan Ketua Umum memiliki peranan penting dalam
menentukan lancar tidaknya kegiatan operasional TPQ meskipun tetap dibantu oleh
pihak lain.
4.5. Susunan Pengurus
Aktifitas
penetapan pengurus selalu diawali dengan proses pemilihan atau seleksi dengan
tujuan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, efektif, dan efisien untuk
melaksanakan kegiatan operasional TPQ.
BAB 5
ASPEK EDUKASI
Letak
TPQ Al Amin Insya Allah dapat memberi kenyamanan terhadap siswa dan tenaga pembimbing
dalam menjalankan proses belajar mengajar. Terciptanya sistem yang kondusif
bagi sebuah lembaga pendidikan islam unggulan baik pada sisi lingkungan
geografis, sosial, maupun budaya sudah menjadi tujuan.
Dari
segi materi selain kurikulum Diknas / Kemenag, TPQ Al Amin menawarkan aspek
unggulan yang dirancang untuk melahirkan generasi Islam yang berakhlaq mulia
serta mampu berperan maksimal sebagai hamba sekaligus KhalifahNya.
Aspek
unggulan tersebut adalah kurikulum pendidikan Al Qur’an yang terdiri dari 8
macam mujawwad dan murottal, hafalan, terjemah, lafdhiyyah, serta tafsir.
Dengan didukung segenap elemen lain, materi-materi al Qur’an tersebut menjadi
bagian dari proses pembentukan kepribadian Islam bagi para siswa. Adapun metode
pengajaran yang disampaikan menggunakan “Metode Qiro’ati” yang sudah diakui di
tingkat daerah, provinsi, sampai dengan nasional. Untuk terlaksananya semua itu
akhirnya dibutuhkan :
1. Sarana & Prasarana
2. Tenaga Kerja / Pengajar
3. Administrasi dan Manajemen
TPQ
4. Peran serta orang tua dan
masyarakat
BAB 6
ASPEK FINANSIAL
6.1. Kebutuhan Dana
Berdasar
kebutuhan dana pendirian & pengembangan TPQ, beberapa aspek pembiayaan yang
harus dipenuhi selalu disesuaikan dengan kebutuhan khusus atau demand. awalnya
aspek tersebut dibagi menjadi 4 bagian dasar meliputi :
1. Aspek sarana
2. Aspek prasarana
3. Aspek pra operasi
4. Aspek operasi
Aspek Sarana berfungsi untuk
menyempurnakan fungsi bangunan sehingga dapat digunakan maksimal untuk
aktifitas edukasi di saat awal. Aspek
Prasarana meliputi kebutuhan atau fasilitas pelengkap sehingga struktur bangunan
dan seluruh partisinya dapat berfungsi maksimal sesuai tujuan. Aspek Pra Operasi terdiri dari berbagai
macam fasilitas yang harus disediakan untuk digunakan oleh seluruh staf dan
karyawan meyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar. Aspek Operasi berupa seluruh fasilitas yang dapat digunakan
maksimal untuk siswa dan tenaga pengajar menyelenggarakan proses kegiatan
belajar mengajar. Saat ini kebutuhan yang paling mendesak adalah Aspek Sarana yaitu adanya tempat
tersendiri untuk proses belajar dan mengajar di TPQ Al Amin, sehingga tidak
mengganggu kegiatan ibadah bagi jamaah
di Musholla Al Amin. Adapun secara rinci jumlah kebutuhan awal yang dapat
berkembang dari dana pembangunan gedung TPQ Al Amin dapat dilihat dalam Rencana
Anggaran Biaya.
BAB 7
PENUTUP
Diharapkan
dengan pembangunan Gedung Taman Pendidikan Al Qur’an Al Amin, maka kegiatan
jamaah sholat lima waktu tidak terganggu dan lebih khusyu’ dan kegiatan belajar
mengajar di Taman Pendidikan Al Qur’an Al Amin bisa berjalan dengan nyaman dan
tertib.
Semoga shodaqoh jariyah
dari instanti, maupun dari kaum muslimin dan muslimat semua mendapat balasan
yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin Ya Robbal ‘Alamin.
BAB 8
Lampiran - Lampiran
8.1. Profil Taman Pendidikan Al Qur’an Al Amin
8.2. Susunan
Panitia Pembangunan Gedung TPQ AL Amin
8.3.
RAB
dan Gambar Rencana Bangunan
8.4.
Foto
Copy Sertifikat Tanah Wakaf
8.5.
Foto
Copy SK Yayasan dari kemenkumham
8.6.
Foto
Copy Piagam Penyelenggaraan TPQ dari kemenag Kota Pekalongan
8.7.
Foto
Copy Syahadah Pengajar dari Badko TPQ Kota Pekalongan
Profil Taman Pendidikan Al
Qur’an Al Amin
A. Identitas
TPQ
1. Nama TPQ : AL
AMIN
Alamat
: Jalan Dr. Wahidin Noyontaan Gang 2 RT. 01 RW.
01 Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
2. NSTPQ : 411233750248
3. Tahun Berdiri : 10 Agustus 2014
4. Tahun Operasi : 10
Agustus 2014
5. Nama
Kepala TPQ : Imam Setiawan
6. Status
Tanah : Milik Sendiri
a. Surat Kepemilikan Tanah :
Wakaf
b. Luas Tanah : 190
m2
7. Jumlah
Santri : 67
8. Kegiatan Belajar
Mengajar : Sore dan malam
9. Sumber Dana Operasional :
a. Wali Santri
b. Donatur
B. Visi
dan Misi
* Visi TPQ :
TPQ BERIMTAQ (Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa)
* Misi TPQ :
1. Menumbuhkembangkan sikap dan amaliah
keagamaan Islam
2. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap santri dapat
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
3. Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga TPQ dalam prestasi
4. Menciptakan
lingkungan TPQ yang sehat, bersih dan indah
5. Mendorong
dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat
dikembangkan secara lebih optimal.
6. Menerapkan manajemen partisipatif
dengan melibatkan seluruh warga.
C. Jumlah
Pengajar/Ustadz
Jumlah
Pengajar/Ustadz yang mengajar di TPQ Al Amin berjumlah 5 Orang terdiri
dari 2 orang laki-laki dan 3 orang
perempuan.
NO
|
NAMA
|
Jenis Kelamin
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
ALAMAT
|
1.
|
Imam Setiawan
|
Laki-laki
|
Pekalongan, 14-04-1977
|
Jl. Dr. Wahidin, Noyontaan Gang 1 No. 15 RT. 01 RW. 01 Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
|
2.
|
Setia Budi
|
Laki-laki
|
Pekalongan, 29-09-1984
|
Jl. Dr. Wahidin, Noyontaan Gang 2 No. 33 RT. 02 RW. 01 Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
|
3.
|
Siti Khairiyah
|
Perempuan
|
Pekalongan, 29-09-1987
|
Jl. Dr. Wahidin, Noyontaan Gang 2 No. 33 RT. 02 RW. 01 Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
|
4.
|
Rizki Laelia Ulfa
|
Perempuan
|
Pekalongan, 05-09-1996
|
Jl. Tondano, Noyontaan Gang 4 No. 10 RT. 04 RW. 01 Pekalongan Timur, Kota
Pekalongan
|
5.
|
Khusnul
Khotimah
|
Perempuan
|
Pekalongan, 07-08-1982
|
Jl. Dr. Wahidin, Noyontaan Gang 1 No. 15 RT. 01 RW. 01 Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
|
D. Keadaan Murid / Santri
NO
|
Tahun
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
|
L
|
P
|
|||
1
|
2014
|
21
|
27
|
48
|
2
|
2015
|
28
|
39
|
67
|
SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN GEDUNG TPQ AL AMIN
RW. 01 KELURAHAN NOYONTAANSARI
Penasehat : 1. Moelyoredjo (Ketua RW. 01 Kelurahan Noyontaansari)
2. Budi Istiawan
(Ketua RT. 03 RW. 01 Kelurahan Noyontaansari)
3. Kyai Ahmad Tamprin (Imam Rawatib
Musholla Al Amin)
Ketua : Slamet Subandi
Sekretaris : 1. Imam Setiawan
2. Rizki Laelia Ulfa
Bendahara : 1. Sobirin
2. Siti Khairiyah
Seksi Pembangunan : Nur
Susanto
Slameto
Munari
Pembantu Umum : Setia
Budi
Tri
Budiarto
Fatnur
Zen
Kontak:
·
Imam Setiawan (Ketua Yayasan Musholla
Al Amin Noyontaan)
Hp. 0858 7621 5552,
email : imam_yonta@yahoo.com
·
Slamet Subandi (Ketua Panitia)
Hp. 0856 0033 2304
Rekening untuk infaq &
sedekah:
Bank Syariah
Mandiri Kantor Cabang Pekalongan
nomer rekening
7020449092
an: Yayasan Musholla Al
Amin Noyontaan
TERIMAKASIH TELAH BERBAGI...JAZAKUMULLAHU KHAIRAN
ReplyDelete